Jadi gimana rasanya nikah?

Bukanlah sebuah pertanyaan yang harus dijawab. Kenapa? Karena saya meyakini pengalaman masing-masing orang akan berbeda satu sama lain. Ada yang dengan spontan menjawab bahwa kehidupan pernikahan sangat membahagiakan. Namun tak jarang juga saya mendengar bahwa pernikahan terasa sebagai belenggu bagi beberapa kalangan.

Bila ditanya untuk berbasa basi, saya cenderung mengalihkan. Karena untuk apa bercerita lengkap mengena lika-liku bila yang saya ajak bicara hanya mencari obrolan semata? Saya tidak menjawab bukan berarti tidak bahagia, sama sekali bukan itu. Saya memiliki istri yang begitu sabar dan sadar menghadapi saya, usaha yang tak berhenti untuk mengerti, sosok unik yang mungkin berbeda dengan segala cerita yang pernah saya lalui. Dia bagi saya adalah sebuah anugrah. Saya bahagia.

Tak jarang beberapa bertanya untuk membandingkan. Ntah dengan yang lalu ataupun dengan hidup yang lain. Saya selalu tersenyum, karena bila terus membandingkan tidak akan ada habisnya.

Seperti masalah kehidupan, tiap orang memiliki soal dan cara menjawab yang berbeda. Tidak penting apakah mereka benar atau tidak, dan jangan persalahkan cara menjawabnya, pernahkah terpikir ‘mengapa‘ dibanding harus menghakimi personal? Pernah bertanyakah kenapa dia harus keras atau lembut. Perjalanan hidup menjadi pengalaman berharga yang membentuk diri saat ini.

Itu opini, terserah mau ikut yang mana. Namun bagi saya, tali pernikahan bukanlah sebuah hal yang mudah. Penyatuan dua pribadi dengan ego berbeda. Karakter yang tak mungkin sama persis. Perselisihan yang tak mungkin terhindarkan.

Saya percaya, tidak ada satu orangpun di dunia yang mengharapkan kesedihan merundungi hidupnya. Dan di balik terjal berliku jalan yang saya pilih saat ini, saya memiliki penguat penyempurna yang selalu setia sabar mendampingi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s