Hai! Menyenangkan sekali beberapa hari terakhir. Saya dan beberapa anggota tim Insan Kamadiya melakukan kunjungan juga pertemuan dengan beberapa orang. Salah satunya adalah representasi salah satu NGO (Non Governmental Organization) terbesar Belanda. Mau tahu apa yang menarik? Mereka tertarik dengan lebah yang sedang kami budidayakan saat ini!

Apa? Lebah?

Iya! Lebah! Serangga spesial yang terkenal dengan sengatannya dan penghasil minuman bernama madu. Saya menggeluti usaha ini tergitung belum terlalu lama. Bahkan sebelum saya mulai mengurus jamur. Kenapa saya tertarik dengan lebah? Bagaimana cara budidayanya? Sabar. Akan saya bahas di post-post selanjutnya.

Trigona Itama
Lebah Jenis Trigona Itama di Jatimas Honey Farm!

Kenapa mereka tertarik dengan lebah yang kami budidayakan? Karena jenis lebah yang kami pelihara adalah jenis spesial! Spesial karena lebahnya tidak memiliki sengat! Haha. Iya! Bila lebah yang kita kenal biasanya terkenal dengan entupan yang bisa bikin bengkak, lebah yang kami angkat jadi project ini merupakan lebah tak bersengat atau biasa dikenal dengan stingless bee atau Trigona.

Trigona sudah lama ada di daerah tropis, Indonesia termasuk di dalamnya. Hanya pamornya belum terangkat karena dianggap sama berbahayanya dengan lebah jenis lain. Saya sepertinya harus mulai banyak menulis mengenai lebah ini karena belum terlalu banyak informasi mengenai Trigona. Bahkan penelitian paling mutakhir menyebutkan bahwa di Indonesia ada sekitar 30 jenis lebah Trigona. Kenyataannya, ada sekitar 100 jenis Trigona ditemukan di Indonesia, hanya belum ada yang me-report saja. CMIIW yaa.

Baiklah, saya bersemangat sekali mengenai project ini. Kenapa? Karena bila orang asing saja tertarik, bukankah kita sebagai pemilik keanekaragaman hayati termahsyur dunia wajib mengolah dan melestarikannya? Jangan sampai orang lain jauh lebih mengerti dan memanfaatkan kekayaan yang kita miliki sementara kita hanya jadi penonton.

Yuk! Mulai bertani. Kenapa? Karena Petani itu Hebat!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s