Berkonsisten adalah salah satu hal yang saya yakin sangat sulit untuk dilakukan selain ikhlas. Heheh. Saya masih belajar mengenai keduanya, dan saya sadar, konsisten dan ikhlas adalah proses pembelajaran seumur hidup.

Beberapa waktu yang lalu saya punya tekad untuk bisa post satu tulisan per hari. Saya belum jadi penulis yang baik tapi saya punya keinginan untuk bisa menulis, mencurah hati, menjabarkan akal, memperbaiki sistem pikir juga bahasa saya. Dalam proses memperbaiki diri (atau apapun) akan membutuhkan sebuah konsistensi. Konsisten untuk berubah dan berbuat.

Sama halnya dengan menulis, saya kira bukanlah hal yang terlalu sulit untuk dilakukan. Sesederhana menyetor satu hari satu tulisan di laman ini. Tapi nyatanya saya kesulitan untuk merealisasinya. Selalu saja ada excuse yang buat saya tidak memuat tulisan saya.

Saya menulis di kala senggang saya ketika pekerjaan sudah beres, atau usaha yang saya jalankan bisa ditinggal sesaat. Di kala itu saya segera buka laptop untuk menulis mengenai apapun! Apa yang ada di kepala saya biasanya saya ruahkan begitu saja tanpa pikir panjang. Dan ya, melegakan sekali rasanya ketika jadi satu tulisan. Seperti mendapatkan satu pencapaian baru tiap harinya.

Saya jarang menemui masalah dalam berkonsisten menulis di hari kerja. Justru biasanya kendala saya ada di akhir pekan, dimana istri mendapatkan jatah tidak bekerja di kantor (kecuali ketika lembur ya). Pada waktu tersebut, saya akan cenderung menghabiskan waktu saya dengan dia, ntah sekedar bercanda, memuji masakan yang dibuatkan untuk saya, atau sekedar putar-putar kota setengah jam buat beli jajanan lalu makan di rumah.

Distraksi terbesar saya saat ini ya istri. Hehehe. Waktu senggang saya di hari aktif biasanya saya gunakan untuk menulis ketimbang istirahat, tapi ketika akhir pekan, rasa-rasanya lebih ingin bersama istri ketimbang menulis. Hehehe. Sudah seharusnya sih, tapi saya sedang cari cara agar tetap bisa menulis sekalipun di akhir pekan. Mungkin bisa dengan menulis hal yang lebih santai dan pendek sehingga tidak menyita waktu.

Konsisten bukan hal mudah, tapi bukan berarti tidak bisa dilakukan. Caranya menjaga konsistensi? Ya seperti yang sudah saya contohkan tadi, cari cara agar tetap bisa menjaga komitmen. Bisa dengan cara merenggangkan aturan di waktu tertentu, atau mencari cara lain tetapi tujuan tetap tercapai. Contohnya dengan menulis lebih sedikit tapi tetap melakukan posting tiap harinya.

Tapi ingat, jangan keseringan beri excuse pada diri sendiri ya. Karena bisa menyebabkan turunnya standar diri bahkan menurunkan kualitas komitmen juga atur diri.

Selamat belajar konsisten!

🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s