Hehe, tergantung beasiswanya. Kalau kamu mau cari beasiswa dalam negeri ya tidak terlalu diminta biasanya. Tapi kalau kamu mau kejar buat beasiswa luar negeri, yang namanya kemampuan bahasa asing is a must ya! Biasanya yang diminta buat administrasi atau pemberkasan beasiswa ya sertifikat bahasa inggris, bakal ada yang minta sertifikat TOEFL, IELTS, dan/atau yang bisa jadi bukti kamu bisa bahasa inggris. Oh iya, Bakal jadi nilai lebih juga kalau kamu menguasai bahasa negara tujuan kamu. Contohnya kalau kamu mau ke Perancis ya kamu butuh buat punya sertifikat DELF (semacam TOEFL tapi untuk bahasa perancis).

Buat saya, satu dokumen tersulit dari sekian banyak dokumen yang harus dipenuhi ya sertifikat bahasa ini. Karena bagaimanapun, yang namanya bahasa gabisa diasah dalam waktu satu dua minggu, tapi butuh effort lebih dan keseriusan. Untuk dokumen lain bagi saya relatif lebih mudah untuk didapatkan. Ada beberapa dokumen yang harus di translasi ke bahasa negara tujuan, tapi cukup dengan menghubungi penerjemah tersumpah dan dialihbahasakan maka masalah beres. Tapi buat dapet sertifikat bahasa? Ga semudah kelihatannya.

Saya selalu bilang ke siapapun yang mau berangkat ke luar negeri, kalau sudah punya sertifikat bahasa, semuanya akan terasa lebih mudah. Tapi ya itu, semudah-mudahnya cari beasiswa buat studi lanjut, tetep aja harus berdarah-darah dulu. Mehehe.

Baiklah, mari semangat belajar bahasa asing!