Baik, pagi ini dimulai dengan masuknya email dari Prof Budi, pembimbing skripsi S1 saya, hampir satu dekade lalu.

Dalam surat elektroniknya, Profesor Budi masih dengan sikap humblenya, sikap yang buat saya selalu segan. Beliau beri saya saran untuk mendaftar pada beberapa instansi atau mencoba jalur LPDP. Di akhir suratnya, beliau katakan akan mengabari saya bila ada informasi atau teman yang membutuhkan kandidat doktor.

Ah, pagi yang cukup melegakan. Memang masih buntu, tapi surat dari profesor idola buat saya terpompa lagi semangatnya. Siang ini saya isi dengan bekerja sesuai rutinitas sembari cari beberapa pasar untuk mengembangkan bisnis.

Sore harinya, saya tidak sengaja temukan lowongan pekerjaan! Lowongan untuk mengisi posisi kandidat doktor di salah satu akademi ternama di Finlandia! Iya! Finlandia! Saya langsung berbunga membaca satu demi satu isi dari selebaran tersebut.

Saya dapat informasi sekitar pukul 15.30, sementara deadline lowongan tersebut pukul 16.00 (Waktu Helsinki, Finlandia). Artinya, di Indonesia pukul 20.00. Dokumen yang diminta tidak terlalu sulit, hanya CV (Curriculum Vitae), Motivation Letter, Referensi, dan Presentasi Pendahuluan mengenai studi doktoral yang akan diambil.

Menghitung waktu, saya kira masih cukup karena masih tersisa sekitar empat jam dari deadline. Tapi ternyata tidak karena rutinitas yang harus saya lakukan tiap hari. Menjemput istri, diskusi dengan tim Jatimas, lalu tidak lupa ibadah. Sementara beberapa dokumen belum saya persiapkan.

Akhirnya saya hanya mendaftar dan mengirin CV lama saya.

Hasilnya? Kita tunggu yaa.

Mohon doanya! 😀

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s