Ketika ditanya apa syarat bikin budikdamber? Selain niat belajar yg oke ada satu lagi syaratnya. Syaratnya adalah:

Ember!

Haha. Iya, Ember. Karena si ember bakal kita gunain sebagai tempat budidaya kita. Fungsinya sama kaya kolam ikan, empang, atau tambak, tapi dalam volume dan ukuran yang jauh lebih kecil. Idenya memang buat ikan yang dipelihara tetap nyaman sekalipun ‘kolam ember’nya tidak terlalu besar. Oiya, ikan yang biasa kita gunain disini Ikan Lele, sementara sayurannya berupa kangkung.

Hmm, bagaimana cara membuat Budikdamber sementara ga bakal dibahas disini. Kali ini kita bahas secara umum dulu ya. Hehe. Soal bagaimana membuat Budikdamber secara detail bakal aku ceritain di post lain ya.

Oke, secara mudah, ember akan kita pakai untuk tempat hidup si ikan, sementara si kangkung kita taruh di gelas plastik.

Kangkung Budikdamber
Posisi kangkung yang sudah hidup dalam gelas plastik 22oz

Biasanya di awal percobaan membuat Budikdamber ini akan sedikit tricky, karena air yang ada di ember bakal dimanfaatkan untuk memelihara ikan dan kangkung secara bersamaan. Secara sederhana, sistem ini bakal manfaatin sisa kotoran ikan  sebagai pupuk untuk sayuran. Jadi selain bisa panen ikan, kita juga bakal bisa panen sayur. Seru kan? Ini memang jadi salah satu tujuan kami untuk memenuhi kebutuhan protein keluarga dengan kualitas baik dan tanpa zat kimia berbahaya.

Ah iya, Budikdamber secara singkat adalah media pemeliharaan ikan dan tumbuhan di waktu yang bersamaan di media ember 80 liter. Karena menggunakan ember, kegiatan memelihara kolam dan tumbuhanny bisa dilakuin bahkan di areal yang super sempit lho. Kok bisa? Ya karena diameter ember yang kami biasa gunakan berukuran 50cm. Jadi asal punya space kosong dikit aja dan ada sinar matahari cukup, budidaya ikan dan tumbuhan bisa banget dilakuin di area padat penduduk sekalipun! Kece kan? Hehe.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s