Bisnis kuliner selalu menggiurkan terutama bagi mereka muda yang ingin memulai usaha. Selain bisa dimulai dengan modal yang relatif kecil, bila ditekuni bisnis ini dapat berkembang dengan pesat.

Oh iya satu hal yang tidak kalah penting, bisnis ini memiliki margin hingga 100% bahkan lebih! Terbayang kan serunya berbisnis ini?

Namun dibalik hal yang menarik ini, beberapa hal yang mungkin tricky seringkali luput dari perhatian para pemula. Salah satunya adalah perlunya penjagaan kualitas terutama mengena ‘rasa’. Kenapa rasa? Ya karena tiap kali memasak kuliner, sekalipun bumbu yang digunakan persis sama, bila lalai sedikit saja dapat memberi pergeseran rasa bahkan aroma yang signifikan pada masakan. Terbayang kan apa tanggapan konsumen bila ada slight perubahan? Ya, konsumen bisa saja berpindah hati. Hehe.

Selain mengenai rasa, perlu diperhitungkan juga mengenai fluktuasi bahan dari makanan yang akan kita buat. Jangan terlalu murah menentukan harga jual dengan alasan menjaring pasar. Penting untuk melakukan promosi, namun bukan berarti selalu identik dengan keuntungan tipis. Pasar bahan baku tidak dapat diduga. Hari ini murah bisa jadi esok hari harganya melambung tinggi. Akhirnya menyebabkan biaya produksi meningkan yang mengharuskan kita menaikkan harga. Ingat, hanya karena perbedaan lima ratus bahkan dua ratus rupiah, akan memiliki potensi untuk membuat kita kita kehilangan konsumen loyal hanya karena kenaikan harga yang tipis.

Terakhir mengenai ketersediaan bahan baku. Biasanya dalam pengadaan bahan baku makanan, di awal ushaa kita bisa dengan mudah mendapatkannya sesuai dengan spesifikasi makanan yang kita buat. Namun kendala yang dihadapi adalah, ketersediaan bahan baku berkualitas biasanya terbatas ada di pasaran, bila diperlukan dalam jumlah banyak tentu akan mengharuskan kita mengeluarkan energi lebih.

Baiklah, itu sedikit mengenai usaha kuliner. Selamat berwirausaha!

Cheers!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s