Hai!

Buat pembaca yang belum kenal denganku, aku mau memperkenalkan diri dulu.

Aku Jati, sebut saja itu. Aku seorang pengajar di sebuah perguruan tinggi. Aku seorang perikanan juga pebisnis yang suka bermimpi. Banyak yang ingin kuceritakan di sini. Namun, kali ini kita obrol dikit untuk sisi akademisiku dulu ya.

Aku mengajar di sebuah politeknik negeri di Lampung. Bidang mengajarku adalah perikanan yang seringkali diidentikan dengan nelayan atau petani ikan. Dianggap aneh karena mengambil jurusan perikanan oleh sekeliling bukan lagi hal besar bagiku. Karena sejak berkuliah di Semarang dulu, pertanyaan, ‘Lu ngapain ngambil perikanan? Mau jadi nelayan?‘ Biasanya kujawab dengan senyum sambil mendendam dalam hati, ‘Tunggu gue jadi menteri!‘. Hahhaa.

Pertanyaan mulai berhenti ketika aku lanjut studi strata dua di Universitas yang sama di Semarang. Bahkan semakin sedikit lagi ketika nyatanya aku bisa berangkat ke Prancis untuk kembali mengambil gelar master keduaku di sana.

Iya, aku sanggup belajar sampai Prancis!

Adalah sebuah kebanggaanku hingga saat ini. Karena dari yang diremehkan lalu menjadi segan, dari tidak dipercaya lalu mendapat amanah. Haha. Iya, memang akan seperti itu di kenyataan. Tapi tulisan ini bukan mengenai kesombongan atau hal negatif ketika kamu lanjut studi ke perguruan tinggi lho, tapi untuk menginspirasi. Intinya, jangan sampai bentuk nyinyir dari sekitar membuat kita patah lalu berhenti mengejar asa. Tidak ada satu orangpun yang berhak mematikan mimpi!

Sepulang dari Prancis, aku menyelesaikan studi di Semarang yang sempat kutinggal. Tak lama setelahnya aku dipercaya untuk jadi salah satu pengajar di Universitas Negeri di Surabaya dan dipercaya untuk membangun salah satu Universitas di Banyuwangi, kota kecil namun indah di ujung timur Pulau Jawa.

Ah, tak lama berlalu, aku pulang ke Lampung untuk kembali dipercaya menjaga orangtua. Inilah aku sekarang, mengajar di Lampung dan terus ingin memberi inspirasi dan mengajak bermimpi. Karena mimpi itu mahal! Tak percaya? Hehe.

Hmm, mengajar sudah menjadi bagian hidup yang mendatangkan bahagia untukku. Bukan mengenai materi lagi, tapi lebih mengenai keberbagian dan bisa mencerdaskan bangsa. Tidak hanya mengenai proses meneruskan ilmu tapi ada keinginan untuk merubah mereka yang kuajar menjadi sosok yang lebih baik lagi.

Sedikit hal mengenai akademik, aku masih punya mimpi melanjutkan studi sekali lagi di strata tiga. Lelahkan belajar? Tidak! Karena hakikat hidup adalah untuk belajar hingga liang lahat, hingga jiwa keluar dari raga.

Haha. Aku bahagia sekali!

Ps. Penutup acak-acakan karena harus masuk kelas lagi. 😀

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s