Setiap orang pasti berjuang melawan masalahnya masing-masing, ada yang cepat belajar lalu mengatasi tanpa sulit, ada yang menghabiskan banyak waktu dan menguras air mata hanya untuk satu masalah tak pelik.

Tanpa perlu banyak berkata atau bertanya, yakinlah tiap orang berjuang untuk hidupnya masing-masing. Kita hanya tidak tahu dan mudah menghakimi, tanpa solusi. πŸ™‚

Mungkin, sering kita bertanya mengapa sebagian terlihat begitu kuat dan selalu bahagia di dalam kesulitan, sementara yang lain merasa bosan di dalam gelimang harta dan kesenangan. Pertanyaan mudah bila kita mau sedikit mengubah perspektif kita dan melihat sedikit lebih jauh.

Kebahagiaan adalah buah juang. Coba ingat kapan terakhir kali tertawa lepas? Perasaan lega ketika mendapatkan tanda tangan pembimbing tugas akhir, bahagia ketika lulus Ujian Nasional dengan usaha sendiri, rasa luap ketika dapat berkumpul dengan sahabat seperjuangan, atau rasa haru bertemu sesosok ibu yang menunggu anaknya pulang merantau. Yakinkah kita mampu menemui senyumnya kembali kala pulang lagi?

Mudah untuk bahagia, hanya kita yang membatasi kebahagiaan itu.

Mungkin, kita hanya lupa bahwa kebahagiaan kecil ada di sekitar kita. Tenggelam kesibukan dan target diri. Kita terlalu sibuk menunggu akhir pekan atau libur nasional datang, menyisihkan arti bahagia itu sendiri. Sehingga lupa bahwa berbagi akan bawa bahagia.

Ketika kita bisa membagi dua ribu rupiah pada peminta-minta berbaju lusuh yang tidur di emperan jalan, itu bahagia.

Ketika kita memutuskan untuk menahan lapar dan membagi sebungkus nasi padang, ketika melihat pak tua yang tertatih mendorong gerobaknya untuk mendapatkan dua puluh ribu rupiah sehari, itupun bahagia.

Percayalah, tumbuh dalam banyaknya masalah akan menghasilkan sosok tangguh yang tidak mudah patah, sebaliknya orang yang terbiasa dengan kesenangan dan tidak terbiasa berjuang akan cenderung merasa mudah bosan karena tidak menikmati arti berjuang dan manisnya hasil.

Jangan, jangan mudah patah, jangan pula terlalu banyak mengeluh. Semakin banyak masalah menghampiri, yakinlah semakin banyak yang peduli. Kita hanya tidak sadar, bahwa kita sedang dibentuk.

Untuk menjadi kuat dan tak terpatahkan..

IMG_1670
Pagi bahagia, bertemu seseorang di masa muda..

Advertisements

3 thoughts on “Kuat tak terpatahkan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s