Sering banget kita ngejalanin hidup ini dengan motto ‘let it flow‘ alias tergantung gimana arus aja. Hmm, gue sendiri ada setuju dan ga setujunya sih soal motto ini.

Gue setuju karena pada akhirnya kita harus pasrah dan ngikutin sekitar kita. Pada akhirnya kita bakal masuk suatu sistem yang lebih besar bernama lingkungan, ntah itu lingkungan kantor, sekolahan, pertemanan, kampus, atau masyarakat. Di lingkungan ini sering kita harus beradaptasi agar bisa diterima dengan baik oleh sekitar. Kalau kita maksain diri dan beda, ya konsekuensinya adalah kita bakal ga diterima dan bakal dibilang ‘aneh’ sama mereka. Kebayang ga sih gimana gaenaknya dicap aneh sama sekitar? Lebih jauh lagi, bisa jadi kita dikucilin.

Gue ga setuju karena selama kita menjalani hidup dengan sekedar ikut arus, ya pada akhirnya kita bakal cuma jadi followers aja. Mending kalo misalnya jadi followers yang baik baik. Lah kalo ternyata kita sekedar ikutin sistem aja gimana coba? Menjadi diri sendiri itu penting banget, karena yang bisa jadi kontrol diri ya sebenernya diri kita itulah. Bukan siapa-siapa lagi. Menjadi beda seringkali jadi alternatif bagus buat dipilih biar ga keikut arus negatif. Tapi ya gitu, ga semua orang bisa melawan arus, kan?

Filosofi gue sebagai orang perikanan, ikan di sungai yang ikut arus itu cuma ikan yang mati. Yang hidup pasti mau ga mau bakal ngelawan arus. Sesekali dia bakal ikut arus memang, tapi ya lebih banyak lawan arusnya. Kalo dianalogikan ke hidup, ya kita ga bakal bisa nolak yang namanya sistem atau lingkungan. Tapi kita bisa milih kok, mau ikut terus atau jadi diri sendiri. Semuanya tergantung kita.

Bisa diterima di lingkungan itu penting, tapi ga kalah penting adalah jadi diri sendiri yang punya jati diri. šŸ™‚

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s