Kebersyukuran kita terhadap sesuatu boleh jadi pemicu kita diberi nikmat yang lebih besar.

Kata manis diatas mungkin ga asing bagi sebagian besar dari kita. Tapi udah ngeh (paham) belum sih gimana sih konsep bersyukur lalu bahagia itu?

Kenapa orang yang bersyukur nikmatnya bakal ditambah? Karena ketika bersyukur, apapun yang kita punya bakal jadi nikmat rasanya, sekalipun hal itu biasa aja. Iya, nasi sambel pake teri dan kerupuk yang murah bisa jadi begitu nikmat ketika kita makan dengan rasa syukur. Sebaliknya, makanan di restoran yang mahal dan ga semua orang mampu beli justru bisa jadi biasa aja rasanya kalo kita lupa bersyukur waktu makan.

Rasa cukup, itu intinya. Ketika kita merasa cukup, lalu dapet nikmat yang baru, itu bakal bawa bahagia yang lebih dari biasanya. Beda ketika kita ga bersyukur, nikmat apapun yang kita dapetin bakal selalu kerasa kurang. Itu kenapa buat orang yang bersyukur, nikmatnya akan selalu bertambah.

Sering kita ga bersyukur atas apa yang kita punya. Padahal sadar ga sadar, sikap ga bersyukur alias ga berterima kasih itulah yang bikin seseorang berusaha begitu keras sampai gatau batas. Ada yang rela kerja lembur sampe pagi berhari-hari ga ketemu anak istri, alasannya uangnya kurang banyak padahal sebenernya cuma gengsi.

Kita sering silau dengan apa yang orang punya. Komparasi. Hal ini sering jadi pemicu kita jadi ga bersyukur dengan apa yang kita punya. Itu ga baik.

Memang ada beda yang tipis antara bersyukur sama pasrah, orang yang bersyukur merasa cukup dengan apa yang adam orang pasrah terima aja keadaan tanpa berbuat apa apa. Jangan sampe dengan alasan udah cukup, lalu buat kita gamau berusaha lebih. Hal ini justru yang bikin kita ga berkembang. Itu juga ga baik.

Yang baik gimana? Ya berterima kasih dan merasa cukup atas apa yang kita punya tapi ga berhenti berusaha buat jadi pribadi yang lebih baik. Satu lagi, jangan lupa berbagi dan perbanyak waktu dengan orang terdekat. Karena mereka itu sumber bahagia kita sesungguhnya.

Iya, penting banget buat kita tau gimana pola dunia ini bergerak, sistem kerja dari kehidupan. Karena kalau kita udah tau gimana dunia bekerja, bakal lebih mudah buat kita ngejer apa yang kita impikan. Kenapa? Karena sesungguhnya semesta akan selalu mendukung apapun yang kita usahakan, ntah itu berusaha menjadi baik ataupun sebaliknya.

Jadi, udah bersyukur belum hari ini?

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s